Jumat, 01 Februari 2013

My AIESEC Experience


Sama kayak kebanyakan temen-teman di kampus dan orang-orang di sekitar saya, sebelumnya saya juga engga pernah tahu tentang AIESEC, pernah denger namanya aja engga haha. Sampe suatu hari ada pengumuman Winter Exchange dari AIESEC UNDIP di mading kampus. Saya akhirnya memutuskan untuk mencoba apply program exchange mereka dan akhirnya jadi tahu tentang organisasi ini.
AIESEC itu apa sih? Mau tau banget atau mau tau ajaaa?? *gampar

AIESEC adalah organisasi pemuda internasional, non political, non profit dan independen untuk pengembangan kepemimpinan anak muda.
AIESEC ada di sekitar 110 negara dan 2100 universitas di dunia. Organisasi ini dijalankan oleh pemuda juga pastinya, dan mahasiswa juga seperti kita. Kereeeeen~

Pengembangan leadership ini bisa kita dapetin dari berbagai macam kegiatan dan program yang dimiliki AIESEC. Contohnya program GIP, GCDP, nasional sampai internasional Conference, dll. Info lengkapnya ada di www.aiesec.org
Nah salah satu program AIESEC yang saya ikuti itu namanya GCDP, atau Global Community Development Program. Yaitu program exchange ke luar negeri untuk menjalankan social project tentang isu-isu dunia seperti HIV/AIDS, lingkungan, pendidikan selama lebih dari 6 minggu lhoo..
Selain GCDP saya dan beberapa teman di kampus menjadi VP-VP Start Up Team AIESEC, itu semacam expansion kecil yg dilakukan AIESEC ke universitas yang belum ada AIESECnya, jadi kami melakukan promosi dan menangani program GCDP dari AIESEC UNDIP di kampus kami gitu deeeh.
Awal saya apply itu pertama iseng (dan karena tertarik juga sih sebenernya, exchange gitu loh!), nyoba ah kali aja lolos. EH beneran lolos! Seneng banget rasanya! Plus ngga percaya juga, secara saya ngerasa bahasa inggris saya masih pas-pasan hahaha.
Jadi tuh ada 3 tahap seleksi, pertama Screening Form, terus Focus Group Discussion dan terakhir Interview. Pas di interview tuh juga panas dingin, keringetan, gelagapan. Aduh pokoknya ngga oke banget. Kelar interview udah yakin banget ngga keterima. Tapi emang ajaibnya rencana tuhan, if there is a will there is a way yakaaan hehehe~
Tapi ternyata perjuangan engga sampe situ aja. Setelah keterima, masih ada tahap lainnya. Pertama Raise, itu tahap dimana data diri plus CV kita di masukkan ke sistem myaiesec.net jadi aiesec negara lain yang siap merekrut kita bisa melihat info kita sebagai exchange participant. Terus ada Match, dan terakhir Realize. Realize itu saat dimana kita sudah capcus ke negara tujuan.
Naaaaaaaaah Match ini yang paling krusial. Tahap ini nih yang menurut saya bener-bener badai. Untuk bisa match, pertama kita nyari project yang bisa kita search di myaiesec.net, terus kalo kita nemu project dan negara yang oke dan negaranya juga ngerasa interest sama kita (nah untuk itu CV kita harus oke punya dooong), bakalan ada interview. Iyaloh! aiesec sana yang interview kita langsung via skype~
Negara pilihan saya China. Mulai deh nyari project di tiap LC Mainland of China. Nyari project itu gampang-gampang susah haha. Dari yang projectnya oke tapi tanggalnya bentrok sama kuliah. Projectnya oke tapi lamaran saya dicuekin sama mereka (kerasa banget ngga lakunya -..-). Sampai awal januari saya belom dapet-dapet project yang pas. Yaaa masih idealis sih, terlalu picky kayaknya saya. Stress jiwa raga lahir batin waktu itu.
Sampai akhirnya dapet project~~, setelah melalui interview yang sumpaahh nerve wracking banget, saya harus merelakan bolos kuliah 4 minggu untuk ikutan project Dare To Dream AIESEC LC Qingdao February sampai akhir Maret nanti. Semua pilihan yang kita buat pasti ada konsekuensinya laaah pasti. I regret nothing hehe.
Saya ngga nyangka lho orang tua saya mendukung. Dengan harus izin kuliah, dan yang paling penting: biaya, duit, money, fulus. Yaaa bukan berarti ngga ada biaya sama sekali, tapi kan ayah bukan CEO Podomoro Group dan ibu bukan pejabat DPR (ahm emm engg apasih -..-"), yang berarti keluarga saya bukan milioner. Saya ngga enak aja sama mereka, ke china dan biaya tetek bengek selama 6 minggu hidup disana (plus jalan-jalan pastinyaaa~) kan “lumayan” menguras kantong menurut saya.
Plus kebayang repotnya nanti saya mengejar ketinggalan materi. Banyak drama yang terjadi juga, kayak adegan nangis-nangis desperately di depan PA saya karena alotnya birokrasi kampus yang memutuskan tidak akan mengeluarkan surat izin untuk saya (i wonder why?! Mereka engga suka saya membawa nama baik kampus ke kancah internasional?). Tapi akhirnya saya tetep nekat mau berangkat, karena visa paspor sudah ditangan, dan saya mikir kapan lagi ada kesempatan exchange kayak gini yakaaan
Dari semua cerita diatas, gabung sama AIESEC itu life changing banget. Belum sampe tahap Realize aja saya sudah belajar banyak. Selain membuka wawasan yang lebih tentang isu-isu dunia, mengasah public speaking, communication dan organizational skill dan terutama tentang management conflict dan pengambilan keputusan. Jadi leader memang harus menguasai itu semua. Dan paling penting harus berani!
Jadiii, China baby here i comeeeeeeeeeeeeeee~~

2 komentar:

  1. Hi salam kenal,,, aku juga baru tahu minggu2 ini ttg AISEC. trus nyari info2nya! :)

    Oiya, syarat apply AISEC tu apa sj...? aku sekarang sedang skripsi. Kalo dah lulus kuliah boleh ga' ya?

    Trim's ya, membantu banget! hehe

    BalasHapus
  2. halo rina, saya annisa lolita, mau tanya apa kamu kmrn ikutan aiesec itu biaya hidup 6 bulan dicina kamu yang tanggung atau dari orang aiesecnya ya? soalnya kok kata mas2 yg jelasin dikampusnya aku ,kita cuma nanggung biaya pesawat, paspor, visa sedangkan biaya hidup dan transportasi dsna udah ditanggung ya. gimana yg sbnrnya ya rina, mohon bgt buat penjelasannya. terimakasih sbelumnya :)

    BalasHapus